Gelar Karya P5 Bhineka Tunggal Ika Meriah

By Admin 06 Nov 2023, 07:03:03 WIB KEGIATAN SEKOLAH
Gelar Karya P5 Bhineka Tunggal Ika Meriah

Gambar : IKON P5 S – Kepala Sekolah Sri Paminto (kiri) dan Waka Kurikulum, Dian Rochmawati foto bersama perwakilan kelas mengenakan pakaian adat sebagai ikon budaya adat masing-masing provinsi di Indonesia. *Foto by Hendra (X-3)


SMANSAPRAMA- SMA Negeri 1 Pracimantoro (SMANSAPRAMA) mengadakan gelar karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) fase E dengan mengangkat tema “Bhineka Tunggal Ika, Dengan Perbedaan Menjadi Satu Kesatuan,” Selasa (31/10/2023). Gelar karya yang berlangsung di halaman sekolah ini dimaksudkan mengajarkan siswa untuk menghormati perbedaan dan keanekaragaman.

      Dian Rochmawati, SPd selaku Ketua Panitia Gelar Karya P5 menyampaikan tujuannya diharapkan siswa dapat menerapkan Profil Pelajar Pancasila. Dengan bimbingan guru pendamping dan wali kelas masing-masing, setiap kelas menampilkan karya yang mewakili provinsi yang ada di Indonesia.

      “Peserta didik belajar tentang makanan tradisionalnya, bahasa, baju daerah, sejarahnya, lagu daerah, dan sebagainya. Semua ditampilkan dalam gelar karya dan stand masing-masing kelas,’’ jelas Waka Kurikulum Smansaprama ini.

      Kepala Sekolah, Sri Paminto SS, MPd dalam sambutannya mengatakan, gelar karya ini sebagai rangkaian dari implementasi kurikulum merdeka dan untuk menjadi manusia yang baik dan berkarakter. Selain itu diharapkan siswa siswi dapat menerapkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila, yaitu Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

      “Selain belajar mengembangkan potensi akademik, siswa juga belajar menguatkan karakter, khususnya dari 6 poin nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila,’’ ungkap kepala sekolah.

      Gelar karya ini dibuka dengan penampilan ikon setiap kelas X yang memakai pakaian adat dari masing masing provinsi. Lalu menampilkan tari dan lagu daerah, dan bazar makanan tradisional masing-masing provinsi.

      Pembagiannya, kelas Fase E X-1 mendapat Provinsi Bali, X-2 Provinsi Maluku, X-3 Provinsi Sumatra Selatan, X-4 Sulawesi Selatan, X-5 Papua, X-6 Aceh, dan X-7 Provinsi Kalimantan Selatan.

      Sementara, salah satu guru pendamping, Mariya Rohmawati, SPd mengatakan bangga terhadap penampilan siswa-siswi dapat menarikan tarian dan menyanyikan lagu daerah dengan luar biasa. Kegiatan P5 ini diharapkan berdampak pada perubahan sikap dan perilaku siswa sesuai dimensi Profil Pelajar Pancasila.

      "Pesan saya anak-anak dapat menerapkan di kehidupan sehari-hari seperti menghargai perbedaan, makna gotong royong dan sikap saling menghormati perbedaan. Wujudkan persatuan dan kesatuan bangsa, " ujarnya. *(Deswinta Fallin IH XI-2)




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment