JUMAT RELIGI SMANSAPRAMA WAKTUNYA BERSIHKAN HATI

By Admin 16 Okt 2024, 07:12:25 WIB JUMAT RELIGI
JUMAT RELIGI SMANSAPRAMA WAKTUNYA BERSIHKAN HATI

Gambar : TUNTUT ILMU- Ustadz Gunawan Widiartanto, SPdI menjadi penceramah dalam kajian “Jumat Wage Berbudaya Religi” SMA Negeri 1 Pracimantoro dengan tema "Benang Merah Ilmu dan Akhlaq," Jumat (04/10/2024). Ia mengingatkan pentingnya pelajar untuk bersemangat menuntut ilmu seperti yang diajarkan dalam agama. *(Foto: tim dokumentasi Smansaprama Media).


SMANSAPRAMA MEDIA – Pada kegiatan pembiasaanJumat Wage Berbudaya Religi” kali ini (04/10/2024) SMA Negeri 1 Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri (SMANSAPRAMA) mengadakan kajian bersama Ustadz Gunawan Widiartanto, SPdI. Kegiatan ini dilaksanakan mulai pukul 07.00 - 08.00 WIB  yang diikuti oleh seluruh siswa dan bapak/ibu guru beserta staf tata usaha.

      Menurut pihak sekolah, tujuan diadakannya kegiatan ini untuk memperkuat karakter dan membekalii ilmu agama pada seluruh peserta didik. Kegiatan untuk membersihkan hati peserta didik muslim berlangsung di halaman sekolah, sementara peserta didik non-muslim membaca Alkitab didampingi guru di gazebo sekolah.

      Dalam pengajian yang mengangkat tema "Benang Merah Ilmu dan Akhlaq" tersebut dijelaskan tentang pentingnya ilmu dalam kehidupan masyarakat hingga manfaatnya untuk dunia dan akhirat. Generasi muda mesti rajin menuntut ilmu, termasuk ilmu agama agar memiliki akhlak yang baik sejak muda dan seterusnya.

      Selain itu Ustadz Gunawan juga menyampaikan kisah dari Abdullah bin Abbas salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW yang semangat dalam menuntut ilmu, sehingga dikenal dengan Imamnya para Imam Masjid. Orang yang gemar menuntut ilmu akan ditinggikan derajatnya di mata Allah.

      “Karena Ilmu adalah kunci iman dan wajib bagi muslim. Puncak dari Ilmu adalah akhlaq sehingga tidak hanya di dunia, Ilmu juga akan menyelamatkan kita di akhirat kelak," ujar pendakwah yang juga guru di SMK Negeri Pracimantoro ini.

       Sementara, salah satu siswa Smansaprama kelas XII-2 Fase F, Henky Verlando Widyanesta menyampaikan rasa antusiasnya akan kajian kali ini. Ia mengaku senang dengan tema kajian pentingnya Ilmu karena dapat menjadi motivasi dalam hidupnya.

      "Saya sangat senang karena jadi tahu akan pentingnya mencari dan menuntut ilmu. Saya juga termotivasi setelah mendengarkan kisah dari Abdullah bin Abbas yang sangat suka dalam menuntut ilmu,’’ terang Henky. *(Deswinta Fallin Fase F XII-2 dan Melyana Putri Fase F XI-1)




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment