Jumat Wage Berbudaya Religi, Ajak Siswa Bersikap Lembut

By Admin 30 Nov 2023, 10:38:55 WIB KEGIATAN SEKOLAH
Jumat Wage Berbudaya Religi, Ajak Siswa Bersikap Lembut

Gambar : JUMAT RELIGI- Panitia Jumat Religi berfoto dengan Ustadz Muhammad Rosyid Ridho AL Fitrah usai diadakan pengajian.*Foto by Hendra (X-3)


SMANSAPRAMA- Agenda praktik baik Jumat Wage Berbudaya (24/11/2023) di SMA Negeri 1 Pracimantoro (SMANSAPRAMA) adalah Jumat Religi. Bagi siswa muslim diadakan pengajian dengan Ustadz Muhammad Rosyid Ridho AL Fatrah di lapangan sekolah, sedangkan bagi siswa non-muslim diadakan renungan di halaman depan sekolah.

Wahyu Widayat S.Pd selaku Waka Kesiswaan berharap dengan adanya pengajian ini siswa-siswi dapat memahami dan mengerti materi yang disampaikan ustadz. Selain itu agar siswa-siswi yang masih memiliki sikap keras bisa berubah menjadi lembut dan menjadi anak yang baik sesuai dambaan kedua orang tuanya.

“Pihak sekolah berharap semua yang hadir dalam pengajian rutin Jumat Wage ini dapat mengambil ilmunya. Anak-anak bisa menjadi generasi yang baik seperti yang dituntunkan dalam agama,’’ jelas Wahyu Widayat saat mewakili kepala sekolah dalam sambutannya.

Sementara, Ustadz Muhammad Rosyid Ridho AL Fatrah mengatakan, sifat dasar manusia adalah rasa ingin tahu apa yang terjadi di sekitarnya. Sementara, kewajiban menuntut ilmu adalah hukumnya wajib bagi setiap muslim yang bertakwa.

Ustad Rasyid menyebutkan dalam potongan hadits Nabi Muhammad saw. "Barang siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga" (HR Muslim, No 2699).

Ustadz Rosyid juga menyampaikan kiat sukses orang menuntut ilmu menurut Imam Syafi'i yang jumlahnya enam (6). Yakni, dzakaa-un (kecerdasan), hirsun (semangat), ijtihaadun (kesungguhan), bulghatun (bekal), mulazamatul ustadzi (hubungan baik dengan guru), dan tuuluzzamani (sepanjang hayat).

Yang pertama yaitu dzakaa-un yang berarti kecerdasan, setiap manusia diberikan kecerdasaan oleh Allah SWT dan manusia harus menjaga dan meningkatkan. Lalu ada hirsun yang berarti semangat, manusia harus semangat dalam mencari ilmu.

Ijtihaadun yang berati kesungguhan, barang siapa yang bersungguh-sungguh mereka akan mendapatkannya. Bulghatun yang berarti biaya, mulazamatul ustadzi yaitu hubungan baik dengan guru karena patuh, taat kepada guru adalah salah satu syarat mencari ilmu. Terakhir ada tuuluzzamani yang berarti sepanjang hayat, mencari ilmu dapat dari lahir hingga meninggal.

Saskia Puspitasari, siswi kelas XI-2 mengatakan kegiatan Jumat Religi ini sangat menyenangkan dan menambah wawasan. "Dengan adanya Jumat Religi ini saya jadi mengetahui banyak hal yang belum saya ketahui tentang agama" tuturnya.

Sementara, bagi siswa non-muslim diadakan renungan dan pujian kepada Tuhan serta membaca ayat Al kitab Lukas 2:31-39. Kegiatan dipimpin oleh guru pengampu Pendidikan Agama Kristen dan Katolik, Choleta Surani, SPd dan beberapa guru lainnya.*Deswinta Fallin Indah Heryanti/XI-2




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment