Jumat Wage Berbudaya Religi Belajar Tahsin

By Admin 04 Sep 2024, 13:34:06 WIB JUMAT RELIGI
Jumat Wage Berbudaya Religi Belajar Tahsin

Gambar : BELAJAR QURAN - Ustadz Faizal Hidayat sedang menjelaskan kaidah membaca Al Qur’an dengan tajwid yang benar


SMANSAPRAMA MEDIA – Pada Jumat (30/08/2024) SMA Negeri 1 Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri kembali mengadakan Jumat Wage Berbudaya Religi dengan tema "Yuk Perbaiki Bacaan Quran Kita.” Kegiatan ini dilaksanakan mulai pukul 07.00 WIB - selesai yang bertempat di halaman sekolah dan diikuti oleh seluruh siswa dan bapak/ibu guru.

      Tujuan diadakannya kegiatan untuk menambah wawasan siswa akan pentingnya membaca dan melafalkan bacaan Al-Qur'an dengan baik dan benar. Di samping itu juga untuk mendorong generasi muda pecinta Al Quran atau generasi Qurani.

      Pada Jumat Religi kali ini didatangkan Ustadz Faizal Hidayat sebagai pemateri belajar tahsin. Peserta didik dijelaskan bagaimana cara membaca Ta’awudz, Basmalah, dan surah Al-Fatihah dengan benar. Ustadz Faizal juga memberikan hadiah Al-Qur'an bagi siswa yang bisa membawa Ta’awudz dan Surah Al-Fatihah yang benar.

      Pembina Rohis SMANSAPRAMA, Eriyanto SPdI mengatakan, membaca kitab suci AlQuran dengan baik dan benar adalah menjadi kejiwaban seorang muslim. Karenanya ia mengajak seluruh peserta didik muslim di SMANSAPRAMA untuk semangat belajar membaca Al Qur'an yang benar sesuai tajwidnya.

      "Alhamdulillah siswa sangat antusias mengikuti sekaligus mendengarkan dengan tenang apa yang disampaikan ustadz," tuturnya kepada Smansaprama Media.

      Kepala SMA Negeri 1 Pracimantoro, Sri Paminto, SS, MPd mengaku bangga dengan kegiatan yang diselenggarakan pada Jumat Wage, awal September 2024. Menurutnya, sejak diadakannya even Jumat Wage Berbudaya Religi di Smansaprama, setahun lalu, mampu menyedot perhatian peserta didik untuk belajar memahami agama dengan baik secara bersama-sama.

      “Perkembangannya bagus sejak kami luncurkan program Jumat Wage Berbudaya Religi. Anak-anak lebih semangat untuk mengaji agama, belajar Al Quran, termasuk yang non-muslim juga belajar agama dengan bimbingan gurunya,’’ jelas kepala sekolah.

      Sementara, Anisa Zatina Sholelah, siswa Fase F XII-1 menuturkan, bahwa setelah mengikuti acara Jumat Religi menjadi lebih tahu bagaimana membaca surah Al-Fatihah dengan benar. Ia merasa tertantang untuk terus belajar membaca Al Quran dan memahami isinya.

      "Kesan saya setelah mengikuti acara ini tentunya saya menjadi lebih tahu tentang membaca surah Al-Fatihah dengan tajwid yang benar," ujarnya. * (Arvita Aprilyani XI-3 Fase F, Anisa Nur Fayumi XI-3 Fase F, dan Calista Larasati XII-4 Fase F)




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment