LOMBA LITERASI BULAN BAHASA DAN SUMPAH PEMUDA

By Admin 01 Nov 2023, 09:13:29 WIB KEGIATAN SEKOLAH
LOMBA LITERASI BULAN BAHASA DAN SUMPAH PEMUDA

Gambar : PENAMPILAN SISWA- Foto lomba pidato dua bahasa antar-kelas. *Foto: Tim Dokumetasi


SMANSAPRAMA- Kamis (26/10/2023) SMAN 1 Pracimantoro menyelenggarakan lomba literasi antar-kelas dalam rangka memperingati Bulan Bahasa dan Sumpah Pemuda ke-95 tahun 2023. Tema lomba literasi kali ini yaitu "Cinta literasi melalui aktualisasi seni, budaya dan komunikasi" direalisasikan pada 4 jenis lomba, diantaranya lomba pidato 2 bahasa (Indonesia dan Jawa), pohon literasi, vlog, dan kompilasi tari nusantara.

Peserta lomba yaitu perwakilan dari setiap kelas. Lomba pidato dilaksanakan di ruang multi media, pohon literasi di ruang Bimbingan Konseling (BK), vlog di perpustakaan, dan lomba kompilasi tari nusantara di aula lantai tiga sekolah.

Choleta Surani, S.Pd selaku ketua panitia Lomba Literasi menuturkan, lomba ini bertujuan untuk merealisasikan program kerja Gerakan Literasi Sekolah 2023, untuk menggali potensi dan kreativitas generasi muda sehingga bakatnya tersalurkan dan membentuk insan berkarakter. Di samping itu diharapkan mampu melahirkan generasi yang kreatif, imajinatif, dan komunikatif.

Dari tujuan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa lomba ini memberikan dampak positif  bagi siswa. Saya bangga dengan animo anak-anak dalam mengikuti kegiatan,’’ kata guru bahasa Inggris ini kepada Smansaprama Media.

Sementara itu, Kepala Sekolah Sri Paminto, S.S, M.Pd mengemukakan bahwa lomba ini sangat bagus dampaknya untuk siswa. Beliau berharap kegiatan lomba ini dapat mendorong siswa untuk lebih maju lagi.

Kegiatan bulan bahasa diisi dengan berbagai kegiatan yang kaitannya dengan literasi dan kebahasaan sangat bagus. Menurut kepala sekolah, kegiatan ini merupakan terobosan untuk membangkitkan semangat bagi anak-anak untuk terus berkreasi dan belajar mengembangkan bakat dan minatnya.

Saya berharap lomba ini tidak sekedar menjadi kegiatan yang setelah selesai ya selesai, tapi mampu memberikan motivasi dan semangat kepada seluruh civitas akademik di Smansaprama ini," ajaknya.

Salah satu peserta lomba pidato, Fanny perwakilan kelas XI-2 mengatakan bahwa ia merasa senang mengikuti lomba ini. Setelah mengikuti lomba tadi ia merasa senang karena dapat pengetahuan dan pengalaman baru.

“Saya dapat belajar bahasa Jawa, ternyata bukan hal yang mudah karena banyak tingkatan kata dalam bahasa Jawa serta pengucapan yang benar dan  perlu dikuasai," kata Fanny. *(Salwa Farah X-7 & Deswinta Fallin XI-2)




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment