Memupuk Semangat Nasionalisme Generasi Muda dengan Lomba Literasi

By Admin 06 Nov 2023, 07:37:01 WIB KEGIATAN SEKOLAH
Memupuk Semangat Nasionalisme Generasi Muda dengan Lomba Literasi

Gambar : SERAHKAN HADIAH- Ketua Panitia Lomba Literasi, Choleta Surani, SPd menyerahkan hadiah kepada pemenang. *Dok Smansaprama Media.


SMANSAPRAMA- Panitia Lomba Literasi SMA Negeri 1 Pracimantoro (Smansaprama) mengumumkan para pemenang lomba dalam memperingati Bulan Bahasa dan Sumpah Pemuda tahun 2023, Senin (30/10/23)  di lapangan sekolah. Pemenang lomba literasi  diumumkan oleh Choleta Surani SPd, selaku ketua panitia dan Mariya Rohmawati SPd, selaku juri lomba literasi bulan bahasa kali ini.

Tujuan  kegiatan lomba literasi dalam memperingati bulan bahasa adalah untuk menumbuhkan kreativitas dan kerjasama siswa. Selain itu, siswa diharapkan dapat meningkatkan minat membaca mereka agar menjadi siswa-siswi yang literat dan memiliki semangat belajar sepanjang hayat.

Pemenang lomba yang diumumkan adalah tiga kelas terbaik dari kelas X, XI, dan XII. Di antaranya, pemenang lomba Pidato adalah Retno Wahyuningsih, XII IPA-1, juara kedua Fatimah Fitri Rahmania dari XII IPA-3, dan juara III Muhammad Zalvan Islamiraya dari XII IPA-2.

Pemenang lomba Pohon literasi yaitu juara I kelas XI-2, juara II kelas XII IPS-2, dan juara III kelas X-2. Khusus lomba pohon literasi setiap kelas membuat karyanya yang dipajang di dalam kelas.

Sementara, juara I lomba Video Tiktok Menari yaitu kelas XII IPS-2 (Timnya terdiri: Monawati Rahayu Bhakti, Alya Saputri, Shintia Olivia Rahmawati, Nisa Ariyanti, dan Jannuar Khalinambar Murti), juara II kelas XII MIPA-1 (Maifa Wulandari, Angela Chiqvita Zsazsa Putri N, Heppy Meylany Saputri, Kenya Shofia Ramadhani, dan Inayah Widyaningrum), dan juara III kelas XI-2 (Nugraheni Dwi Andini, Rialita Arien Aysila, Clares Putri Madiyana, Clara Putri Madiyana, dan Naylla Shayllie Kartika).

Pemenang Lomba Vlog yaitu juara I kelas XII IPS-2 (Timnya terdiri Qisty Ayudya Putri Hendriani, Muhammad Hanif Asyari, dan Fajar Rizki Nugroho), juara II kelas XI-3 (Esya Zeba Luthfiya, Esa Sekar Pramudita, dan Anindya Amanda Putri), dan juara III kelas X-5 (Sera Sai Rani, Bondan Rajendra Bhanu Shafi, dan Meylana Putri)

Choleta Surani mengatakan, kegiatan lomba literasi ini diharapkan menumbuhkan semangat Nasionalisme pada generasi muda. Dari kegiatan ini dapat ditumbuhkan rasa cinta dan memiliki bahasa Indonesia.

“Beberapa  lomba yang sudah berjalan selama ini dapat dipertahankan, di samping ada lomba baru yang belum pernah diadakan,’’ terang guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris ini.

Ia juga mengatakan kategori pemenang lomba ditentukan oleh  hasil penilaian dewan juri berdasarkan kriteria-kriteria yang telah mereka tentukan dan tentunya bersifat obyektif. Jadi tidak terlalu terpaku dengan persyaratan yang ada.

Sementara, Esya Zeba siswa dari kelas XI-3 mengaku senang dapat mengikuti even besar lomba literasi di sekolahnya. Kegiatan ini diakui dapat memupuk bakat siswa khususnya dalam keahlian pidato, konten kreator, seni, dan sebagainya.

“Tentunya senang dan bersyukur karena bisa memenangkan lomba vlog dalam rangkaian acara bulan bahasa,” ujar Esya. *(Annisa X-7)




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment