PEDULI SESAMA, ROHIS SMANSAPRAMA BANTU AIR BERSIH

By Admin 27 Okt 2023, 09:22:50 WIB BAKTI SOSIAL
PEDULI SESAMA, ROHIS SMANSAPRAMA BANTU AIR BERSIH

Gambar : BANTU AIR- Kepala SMAN 1 Pracimantoro, Sri Paminto didampingi pembina dan anggota ROHIS memberikan bantuan kepada warga terdampak kekeringan di Dusun Kerok, Desa Wonodadi, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, Selasa (24/10/2023).


AIR adalah suatu unsur yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia. Dengan air, kita bisa melakukan kegiatan sehari-hari sesuai keinginan kita dan mengkonsumsinya agar tetap hidup.

Namun, bagaimana jika air sudah memasuki masa paceklik? Jangankan untuk mandi dua kali dalam sehari, sekadar untuk memasak dan minum saja terasa sulit. Demikian halnya untuk “ngombor” (memberi minum) ternak yang dimilikinya.

Seperti yang dialami hampir seluruh warga Dusun Kerok, Desa Wonodadi, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri sejak empat bulan ini. Peduli atas kondisi demikian ROHIS SMAN Negeri 1 Pracimantoro memberikan bantuan air bersih kepada warga terdampak kekeringan yang berada di pegunungan tersebut, Selasa (24/10/2023).

Total bantuan air bersih yang disumbangkan ROHIS Smansaprama adalah tujuh tangki. Selain untuk warga Desa Wonodadi, bantuan juga diberikan untuk warga di Dusun Bercak, Desa Glinggang (Pracimantoro) dua tangki, dua tangki di Desa Gambirmanis (Pracimantoro), dan satu tangki untuk SMP Negeri 4 Pracimantoro.

Menurut Ketua RW Dusun Kerok, Desa Wonodadi, Ngatimin (40), kekeringan di desanya sudah terjadi sejak Juli 2023 lalu. Sumur warga dengan kedalaman 8 meter sudah tidak keluar airnya.

“Warga harus membeli air tangki. Satu tangki air rata-rata harganya Rp 150 ribu. Bersyukur ada pula bantuan relawan yang datang,’’ jelas tokoh masyarakat ini kepada Smansaprama Media.

Ia berharap ada solusi untuk penanganan kekeringan yang kerap melanda di wilayahnya. Salah satunya dengan dibangun embung yang ada di barat desa.

Kepala SMAN 1 Pracimantoro, Sri Paminto yang memimpin pengiriman bantuan bersyukur dengan kiprah yang dilakukan generasi muda pelajar Smansaprama. Melalui wadah ROHIS yang mengumpulkan infaq dari warga sekolah setiap Shalat Jumat, akhirnya dana yang terkumpul bisa disumbangkan untuk membeli air.

“Semangat peduli sesama ini mesti diajarkan dan dibiasakan kepada anak-anak kita. Salah satunya peduli atas masalah kekeringan yang terjadi di sekitarnya,’’ ajak kepala sekolah.

Pada kesempatan itu selain kepala sekolah, turut mendampingi siswa mengirim bantuan adalah Waka Kesiswaan Wahyu Widayat, SPd, Pembina ROHIS Eriyanto, SPd.I, dan tiga guru lainnya Arif Hidayat, SPd, Haryadi, SPd, dan Rudianto, SPd. *tim smansaprama media.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment