Tim PMR Juara III Jumbara Kabupaten Wonogiri

By Admin 06 Nov 2023, 07:12:07 WIB KEGIATAN SEKOLAH
Tim PMR Juara III Jumbara Kabupaten Wonogiri

Gambar : PMR JUARA - Tim PMR SMANSAPRAMA menjadi juara III dalam kegiatan JUMBARA di Kecamatan Slogohimo Kabupaten Wonogiri, kemarin. *Foto: Dokumentasi Smansaprama Media.


SMANSAPRAMA- Tim PMR (Palang Merah Remaja) SMA Negeri 1 Pracimantoro (Smansaprama) sukses dalam kegiatan Jumbara (Jumpa, Bakti & Gembira) yang digelar PMI Kabupaten Wonogiri, pada Jumat-Minggu (27-29/10/2023) di lapangan Desa Made, Kecamatan Slogohimo. Tim Smansaprama berhasil menjadi juara III dalam even yang diikuti beberapa sekolah dan sekitar 1.800 peserta ini.

Kemah Jumbara kali ini mengangkat tema “Palang Merah Remaja Cerdas, Kreatif, Tangguh, dan Berkarakter.” Tujuan kegiatan yakni untuk mengembangkan peran PMR di tengah masyarakat khususnya lingkungan sekolah, memperkuat karakter kepalangmerahan, dan belajar menjadi pendidik sebaya.

Kegiatan Jumbara ini diawali dengan pembuatan tenda oleh masing-masing tim dan dilanjutkan upacara pembukaan. Kegiatan selanjutnya adalah tes tertulis materi PMR, penerapan materi, dan pentas seni. Selanjutnya peserta harus membuat majalah dinding (mading) hias, hasta karya, dan tandu darurat.

Tim Smansaprama diwakili oleh 25 anggota Ekstrakulikuler PMR, dan didampingi tiga pembina (guru), Hesti Kurniyati, SPd, Setya Darmono, SPd, dan Rudianto, SPd. Selain itu juga siswa kelas XII yakni Akhmad Fathiayakan Sunaryo (XII IPS-2) dan Khusnul Putri (XII IPS-1).

Tim PMR Smansaprama mengikuti beberapa cabang perlombaan yang ada seperti Tandu Darurat, Kepalangmerahan, Kepemimpinan, Perawatan Keluarga, Pertolongan Pertama, Pendidikan Remaja Sebaya, Publikasi dan Informasi, Donor Darah, Daur Ulang Sampah Plastik, dan Ayo Siaga Bencana.

Sementara, Arlina Miesa Oktavia, siswa kelas XI-6 mengaku senang dapat mengikuti kegiatan Jumbara Kabupaten Wonogiri tahun 2023. Ia mengaku mendapatkan banyak teman baik dari sejumlah sekolah lain dan pengalaman yang berharga dari berbagai kegiatan yang diadakan selama tiga hari.

“Saya mendapatkan banyak sekali pengalaman, bersama teman-teman kita susah senang bersama. Kendati agak capek tetap menyenangkan rasanya," terang Arlina.*Deswinta Fallin Indah Heryanti




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment