TRIK BELAJAR EFEKTIF DALAM JUMAT LITERASI

By Admin 16 Okt 2024, 07:02:33 WIB Jumat Literasi
TRIK BELAJAR EFEKTIF DALAM JUMAT LITERASI

Gambar : BERI TANGGAPAN – Seorang siswa SMA Negeri 1 Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri memberikan tanggapan dalam diskusi pembiasaan Jumat Legi Berbudaya Literasi bertema “Belajar Efektif,” Jumat (11/10/2024). *(Tim dokumentasi)


SMANSAPRAMA MEDIA-  SMA Negeri 1 Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri kembali mengadakan Jumat Legi Berbudaya Literasi di halaman, Jumat (11/10/2024). Pembiasaan Jumat Literasi kali ini mengusung topik "Belajar Efektif" yang diikuti seluruh siswa dan didampingi bapak-ibu guru Smansaprama.

Topik “Belajari Efektif” ini dipilih untuk membantu siswa menentukan langkah belajar yang efektif. Kegiatan ini dipandu oleh Tim Literasi yang sudah mulai eksis di sekolah.

Pembiasaan Literasi kali ini diisi pemateri siswa dari Fase E, yakni Vanes dan Hayu. Keduanya membawakan materi serta berkomunikasi dengan baik. Adapun sesi diskusi yang melibatkan perwakilan beberapa siswa dari masing masing angkatan. Kemudian ditutup dengan kesan dan pesan dari siswa.

Koordinator Tim literasi, Choleta Suryani, SPd memaparkan alasan mengapa Jumat Literasi kali ini diisi oleh pemateri siswa dari Fase E. Yakni untuk melatih mental dan mengasah kemampuan public speaking siswa yang di kemudian hari pasti diperlukan.

“Alasannya untuk melatih mental siswa supaya berani tampil di depan umum, bertanggung jawab,  punya rasa percaya diri, dan memiliki ketrampilan public speaking,’’ terang Choleta Surani kepada Smansaprama Media di sela-sela acara.

Menurut guru Mapel Bahasa Inggris ini, keterampilan   sangat penting sebagai bekal siswa di masa depan untuk meningkatkan kualitas diri. Orang yang berkualitas akan mudah diterima di masyarakat, terlebih dalam  mencari pekerjaan, dan mereka akan dengan mudah mendapatkannya.

Pemateri Jumat Literasi, Wiyanda Hayu (Fase E) menyampaikan bahwa melalui kesempatan ini Ia belajar keberanian, kepercayaan diri, dan mengasah kemampuan public speaking dalam menyampaikan informasi terkait belajar efektif. Dari penuturannya, topik ini dipilih untuk membantu siswa lain yang kesulitan belajar.

“Yang pasti awalnya ngerasa nervous, deg-degan, malu, dan takut kak. Tapi dibalik itu semua, aku juga excited banget karena ini bisa jadi kesempatan aku buat belajar lebih berani tampil di depan umum, melatih rasa percaya diri, juga bisa ngasah kemampuan public speaking yang aku punya,” ujarnya.

Salah satu siswa, Endang Kristanti (Fase F) berpendapat bahwa materi Jumat Literasi yang dibawakan benar-benar relevan dan memeberikan banyak impact positif. Menurutnya, pemateri yang interaktif dan komunikatif membuat topik yang terdengar sederhana menjadi menarik.

Menurutnya, kegiatan literasi yang dipandu oleh adik-adik Fase E sangat menginspirasi. Materi tentang belajar efektif yang mereka sampaikan benar-benar relevan dan bermanfaat. Dengan penyampaian yang interaktif dan jelas, mereka berhasil membuat topik yang sederhana menjadi sangat menarik.

“Saya sangat mengapresiasi usaha dan antusiasme mereka dalam memberikan tips-tips belajar yang efektif dan mudah diterapkan.” Ujarnya. *(Salwa Farah S/ XI-3 Fase F dan Diah Fani/ XII-3 Fase F)




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment