Sosialisasi Pilkada Bagi Pemilih Pemula di Smansaprama

By Admin 11 Sep 2024, 11:26:09 WIB KEGIATAN SEKOLAH
Sosialisasi Pilkada Bagi Pemilih Pemula di Smansaprama

Gambar : CEK DPT- Ketua KPUD Wonogiri, Satya Graha, ST mengajari siswa kelas XII Fase F untuk mengecek Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pilkada 2024. KPUD memberikan sosialisasi kepada pemilih pemula di SMA Negeri 1 Pracimantoro, Senin (9/9/2024). *(Foto:Devisi Dokumentasi Smansaprama)


SMANSAPRAMA MEDIA – Pada Senin (9/9/2024), Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Wonogiri menggelar sosialisasi Pilkada tahun 2024 di aula lantai 3 SMAN 1 Pracimantoro (Smansaprama). Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman kepada para pemilih pemula, khususnya siswa kelas XII Fase F mengenai pentingnya partisipasi dalam pemilihan kepala daerah (bupati dan wakil bupati) Kabupaten Wonogiri.

      Kegiatan ini menghadirkan langsung Ketua KPUD Wonogiri, Satya Graha, ST dan beberapa staf sekretariat KPUD. Turut mendampingi Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pracimantoro Febriani Aminatun dan Anggota PPK, EKA Listiani.

      Kepala SMA Negeri 1 Pracimantoro, Sri Paminto, SS, MPd dalam sambutannya memberikan apresiasi atas kegiatan tersebut. Sebagai pemilih pemula, pelajar masih membutuhkan banyak pengetahuan dan pemahaman tentang prosedur, tahapan, dan informasi terkait dengan pelaksanaan Pilkada nanti.

      “Kalian sebagai pemilih pemula pasti akan merasa deg-degan. Jadi kalian harus belajar dan perhatikan dengan seksama sehingga kalian bisa menjadi pemilih yang dewasa dan bertanggung jawab,’’ ujarnya.

      Program sosialisasi pemilu di sekolah berjalan dengan lancar dan mendapat sambutan para siswa. KPUD Wonogiri memperkenalkan slogan Jawa yang relevan dengan Pilkada, yaitu “Rumangsa Handarbeni, Melu hangrungkebi, Mulat Sarira Hangrasawani”. “Handarbeni” yang berarti ikut memiliki, “Hangrungkebi” yang berarti menjaga, dan “Hangrasawani” yang berarti berani bertindak.

      “Para siswa diharapkan memahami bahwa sebagai pemilih pemula memiliki tanggung jawab untuk turut berpartisipasi dalam menjaga jalannya demokrasi yang sehat dan adil,’’ ungkap Satya Graha.

      Satya Graha menegaskan pentingnya pemanfaatan hak pilih dan jangan sampai menjadi warga golongan putih (golput). Para siswa diminta memanfaatkan betul hak pilihnya untuk memilih calon pemimpin yang terbaik dari yang ada.

      Pada kesempatan itu para siswa juga diajari cara untuk mengetahui apakah dirinya sudah terdaftar untuk mengikuti pilkada melalui situs Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Wonogiri serta penjelasan mengenai 5T (Terdaftar, Tahu, Tangga Teparo, TPS, dan Tercoblos) . Acara diakhiri dengan sesi tanya jawab dan foto bersama. *(Callista Larasati XII-4/Fase F)




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment